Kembali ke Artikel
Belajar dengan Santai tapi Serius Sumber Gambar: Dokumentasi Penulis
10 Aug/2019

Belajar dengan Santai tapi Serius

Belajar dengan Santai tapi Serius

Eko Prasetyo

 

MediaGuru memang tidak hanya bergerak di bidang penerbitan. Ada pula diklat dan seminar. Tentu saja topiknya tidak jauh-jauh dari menulis dan membaca. 

Tim instruktur MediaGuru banyak. Demikian pula editor, tim desain, dan tim produksinya. Bekerja sebagai satu kesatuan. 

Di bawah Pak Ihsan (CEO MediaGuru), semua selaras seirama. Terus berusaha memberikan yang terbaik. Rasa kekeluargaan ialah habituasi yang dibangun di sini. 

Bagi saya, MediaGuru itu ajang belajar. Belajar kepada Pak Ihsan serta teman-teman di desk editor, layouter, dan produksi. Juga belajar dari para guru, siswa, akademisi, dan kalangan profesional yang pernah mengikuti pelatihan menulis yang melibatkan MediaGuru. 

Bagi saya, MediaGuru merupakan the real campus. Kampus yang sesungguhnya. Sebab, di sini saya menimba pengalaman, mengasah pengetahuan, menajamkan wawasan, dan merendahkan hati.

Maka, sebisa-bisanya di tiap kelas, suasananya kami buat santai lewat interaksi dan diskusi di luar jam pelatihan. 

Sebab, bagi saya, ngopi tipis-tipis dan mengudap camilan saat coffee break itulah pembelajaran yang sesungguhnya. Yakni belajar untuk memikirkan cara agar kegiatan lekas selesai. Belajar dari sisi perasaan peserta tentang kapan acara usai. Juga belajar bagaimana caranya kabur diam-diam tanpa diketahui narasumber dan peserta lainnya. 

Sisi seriusnya, MediaGuru tak membuka jarak. Semuanya keluarga. Semuanya saudara. Berdiri sama tinggi dan duduk sama rendah. Ini tempat belajar yang asyik. 

Sekarang saya mau masuk ke inti tulisan ini. Jika Anda tertarik dengan buku Panduan Sagusabu MediaGuru, segera pesan dan tulis komentar di kolom tulisan ini. Ya, saya akui bahwa tulisan ini memang modus... 

 

Surabaya, 9 Agustus 2019

 

*Eko Prasetyo adalah Pemred MediaGuru

JELAJAH