Kembali ke Artikel
Jurnalis dari Unsur Pendidik Sumber Gambar: Dokumentasi Penulis
20 Aug/2019

Jurnalis dari Unsur Pendidik

Jurnalis dari Unsur Pendidik

Reporter: Endang Saptarina

 

Sabtu (10/8/2019) di depan auditorium kampus FMIPA Universitas Negeri Surabaya ramai berdatangan para peserta Pelatihan Jurnalistik yang diselenggarakan oleh mediaguru.id. Pelatihan jurnalistik diselenggarakan sehari penuh mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00.

Jumlah peserta pelatihan keseluruhan 124 orang yang berasal dari berbagai daerah. Dari peserta tersebut yang paling mendominasi peserta dari unsur pendidik. Guru-guru yang ikut pelatihan ada yang berasal dari guru SD, SMP/MTs, dan SMU. Narasumber pelatihan Eko Prasetyo, pemred MediaGuru menyampaikan materi penulisan berita, bahasa jurnalistik, dan fotografi jurnalistik.

“Salah satu syarat berita yang baik adalah berimbang. Artinya harus berasal dari beberapa nara sumber,” demikian kata Eko.

Guru-guru  tampak mengikuti pelatihan dengan serius tapi santai. Mereka berlatih membuat berita sesuai tema yang ditentukan narasumber. Eko berkeliling ke tempat duduk para peserta untuk memberikan bantuan kepada peserta yang mengalami kesulitan.

“Alhamdulillah saya bisa mengikuti pelatihan jurnalistik ini. Mudah-mudahan saya dapat ilmu tentang jurnalistik yang bisa saya bawa ke sekolah tempat saya mengajar. Sayangnya, saya agak terlambat datang di acara ini,” kata Eva Septiana Rahayu, guru dari SDN Grabagan I Kecamatan Grabagan Tuban.

 

JELAJAH