Kembali ke Artikel
MediaGuru Raih Penghargaan Perpusnas 2019
06 Aug/2019

MediaGuru Raih Penghargaan Perpusnas 2019

Catatan Mohammad Ihsan, Founder & CEO MediaGuru

Saat bekerja, kami tak pernah berharap itu demi mendapatkan piala. Sebagai pendatang baru dalam industri penerbitan, MediaGuru bahkan belum tahu adanya jenis penghargaan dari pemerintah khusus untuk penerbit.

Makanya, telpon dari petinggi Perpusnas yang mengabarkan MediaGuru berhak menerima penghargaan jelas mengejutkan. Tak pernah terpikirkan sebelumnya, bahwa "balita" bernama Pustaka MediaGuru mampu menyabet penghargaan Perpusnas RI Tahun 2019 Kategori Monograf, karena dinilai sebagai penerbit yang paling aktif melaksanakan UU nomor 13 Tahun 2018 tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam. 

 

Selama ini kami memang berkomitmen membantu guru menulis buku, dengan menginisiasi gerakan nasional Satu Guru Satu Buku (Sagusabu). Bukti komitmennya dengan cara menyiapkan tim lengkap yang siap all out mendampingi para guru. Mulai dari melatih, memberikan konsultasi online sampai naskah jadi, menerbitkan buku, hingga membantu pemasarannya. 

Semua tahapan itu penting dilakukan dari hulu hingga hilir, sebab sebagian besar (kalau tidak bisa dikatakan semua) guru yang bergabung MediaGuru adalah penulis pemula. Buku yang diterbitan juga merupakan karya perdananya. 

Bahwa kemudian semua proses itu berbuah apresiasi dari pemerintah melalui Perpusnas di tahun ini, kami menganggapnya sebagai pelecut semangat untuk terus bekerja lebih baik lagi. 

 

Penghargaan ini didedikasikan untuk seluruh penulis yang sudah kami anggap sebagai keluarga besar MediaGuru, di seluruh Indonesia. Jumlahnya saat ini sudah menembus angka ribuan, dan terus menerus bertambah seiring masifnya gerakan sagusabu yang dijalankan bekerja sama dengan Kemdikbud, Dinas Pendidikan, organisasi guru, MKKS, KKG, MGMP, yayasan pendidikan, sekolah, penggiat literasi, dan sebagainya. Juga untuk anggota tim MediaGuru yang tak lelah memikirkan inovasi untuk membantu para penulis. 

 

Meski begitu, kami menyadari masih terdapat banyak kekurangan pada diri tim MediaGuru. Kami mohon maaf untuk itu. Saran dan dukungan dari semua pihak selalu kami nantikan untuk perbaikan langkah ke depan. 

 

Malang, 6 Agustus 2019

 

JELAJAH