Kembali ke Artikel
Menanamkan Pondasi Pembelajaran di Hari Pertama Sekolah
17 Jul/2019

Menanamkan Pondasi Pembelajaran di Hari Pertama Sekolah

Hari pertama sekolah baru akan dimulai tanggal 15 Juli 2019. Sesuai rapat pembagian tugas, saya kembali mengajar di kelas 6. Tentu ada rasa bahagia dan penuh tantangan bakal bertemu dengan anak-anak baru yang menjadi peserta didik di kelas.

Sebagai persiapan menghadapi tahun ajaran baru, tentu dokumen administrasi tahun lalu bisa dijadikan andalan. Tinggal penyesuaian di sana sini, semua siap digunakan lagi.

Tentu hari pertama tidak akan langsung belajar. Setelah naik kelas, anak-anak perlu menyesuaikan diri dengan kelas yang baru. Bersih-bersih, beres-beres, dan memilih pengurus kelas tentu menjadi menu utama. Tetapi tidak cukup itu saja. Di hari pertama itu saya sudah buat skenario yang lain di kelas saya yaitu menanamkan pondasi belajar.

Yang dimaksud pondasi di sini adalah kesepakatan dasar yang harus dipenuhi bersama saat belajar. Baik guru maupun anak perlu memperhatikannya. Seperti jalan raya, semua sesuai dengan rambu-rambu yang wajib ditepati dan tidak boleh dilanggar.

Dalam rangka menanamkan pondasi belajar itu, kepada anak-anak akan saya katakan sebagai berikut:

  1. Pertambahan usia harus diikuti dengan peningkatan kesadaran untuk mempersiapkan masa depan.

  2. Bila pekerjaan dimulai dari inisiatif sendiri akan terasa mudah dan ringan. Jadi bekerja dan belajar janganlah disuruh-suruh.

  3. Persaingan di dalam kelas harus berlangsung secara sehat. Meskipun demikian di antara anak-anak harus saling membantu dan kerja sama.

  4. Pentingnya menghargai dan menghormati guru yang mengajar supaya ilmu yang didapat menjadi berkah dan berguna. Demikian pula dengan sesama teman perlu salung menghormati dan menghargai agar hubungan pertemanan jadi menyenangkan.

  5. Keadaan di kelas menjadi tanggung jawab bersama. Kelas harus bersih, tertib, fasilitas yang ada dipelihara. Penting sekali adanya upaya bersama memperkaya fasilitas kelas.

Kelima point di atas akan menjadi agenda penting untuk disampaikan. Dan diharapkan menjadi gerakan bersama di dalam kelas.

Semoga tahun ini pembelajaran di kelas kami lebih baik dan anak-anak dapat menikmati suasana kelas yang lebih kondusif.


Oleh : SOPYAN (http://sopyan.gurusiana.id/)

 

 

JELAJAH