Kembali ke Artikel
DASAR-DASAR PENDIDIKAN: Konsep Pemikiran dan Implementasinya
06 Nov/2025

DASAR-DASAR PENDIDIKAN: Konsep Pemikiran dan Implementasinya

Judul:DASAR-DASAR PENDIDIKAN: Konsep Pemikiran dan Implementasinya

Penulis: Subandi, Didik Nurhadi, Sun Chen, Rosita Nugraheni, Dzun Nun Septin Renda Rabbani, Rokhishotul Amaliyah

Editor: Abdur Rohman

Halaman: xii, 670 hlm, 16 x 23 cm

Cetakan: Pertama, November 2025

Penerbit: Pustaka Mediaguru

Anggota IKAPI No. 192/JTI/2017

Jl. Dharmawangsa 7/14 Surabaya 60286

Website: www.mediaguru.id

ISBN:

Harga:

 

SINOPSIS

 

Buku ini merupakan sebuah ikhtisar komprehensif yang menempatkan Pendidikan sebagai fondasi utama peradaban, daya saing, dan pembentukan manusia seutuhnya. Pendidikan, dalam hakikatnya, bukanlah sekadar proses transfer ilmu pengetahuan, melainkan sebuah usaha sadar dan terencana untuk mengembangkan seluruh potensi kemanusiaan, menyiapkan generasi yang bijaksana, bertanggung jawab, dan adaptif terhadap dinamika global.

 

Melalui buku ini, pembaca akan diajak menyelami secara mendalam esensi dari pendidikan, dimulai mengupas Pengantar Pendidikan, berbagai pengertian dan konsepnya menurut para ahli, hingga posisinya sebagai pondasi vital dalam menghadapi tantangan zaman.

 

Kita juga diajak memahami Tujuan, Fungsi, Tantangan, Ruang Lingkup, dan Dasar Pendidikan—mulai dari landasan filosofis, sosiologis, psikologis, kultural, historis, hingga yuridis, yang menjadi pilar penopang sistem pendidikan.

Perjalanan historis pendidikan global dan nasional, serta berbagai Aliran dan Teori Pendidikan seperti Nativisme, Empirisme, hingga Konstruktivisme, dibahas tuntas pula di buku ini, memberikan wawasan tentang bagaimana pendidikan berevolusi dari masa ke masa.

 

Inti dari proses pendidikan, yaitu Hakikat Belajar dan Mengajar, diurai secara praktis dan teoretis, menekankan hubungan timbal balik yang efektif antara pendidik dan peserta didik.

 

Tak kalah penting bahasan keterkaitan antara Pendidikan dan Manusia, dengan fokus pada proses humanisasi, pembentukan karakter, dan pengembangan potensi, merujuk pada Empat Pilar Pendidikan (UNESCO) sebagai kerangka ideal. Kontekstualisasi pendidikan dalam tatanan yang lebih luas, yaitu Konteks Sosial dan Budaya, serta ulasan peran pendidikan dalam dimensi politik, budaya, dan konstruksi sosial dan yang lainnya.

 

JELAJAH