Kembali ke Artikel
Kisah Hidup Jokotole (Cerita Rakyat Sumenep)
04 Nov/2022

Kisah Hidup Jokotole (Cerita Rakyat Sumenep)

Judul: Kisah Hidup Jokotole (Cerita Rakyat Sumenep)

Penulis: Wulansari

Editor: Lilik Fatkhu Diniyah

Halaman: vi, 104 hlm, 14,8 x 21 cm

Cetakan: Pertama, November 2022

Penerbit: Pustaka Mediaguru

ISBN:

Harga:

 

SINOPSIS

 

Dewi Saini, atau lebih dikenal dengan nama Raden Ayu Potre Koneng merupakan putri semata wayang dari Raja Sumenep. Parasnya yang sangat cantik hingga membuat beberapa pangeran dari kerajaan lain ingin meminangnya. Namun, ia selalu menolak lamaran karena dirinya menyukai seorang petapa bernama Adipoday. Hubungan Raden Ayu Potre Koneng dan Adipoday ditentang oleh raja. Akhirnya, mereka menjalin hubungan secara rahasia meski tidak dapat bertemu.

 Suatu ketika Raden Ayu Potre Koneng pergi ke Gua Pajudan untuk bersemedi. Dalam semedinya, ia tertidur dan bermimpi menikah dengan Adipoday. Mimpinya terasa begitu nyata hingga menyebabkan dirinya benar-benar hamil. Raja sangat marah kepada Raden Ayu Potre Koneng dan mengasingkannya.

Tepat di saat bulan purnama tiba, Raden Ayu Potre Koneng melahirkan seorang bayi laki-laki yang tampan. Dengan berat hati, ia meminta agar bayi itu dibuang saja. Bayi itu ditemukan oleh Empu Kelleng dan diberi nama Jokotole. Lalu, bagaimanakah nasib Jokotole menjadi anak angkat Empu Kelleng? Akankah Jokotole bertemu kembali dengan ibu kandungnya? Temukan jawabannya dalam buku ini!

JELAJAH