Kembali ke Artikel
Media Evaluasi Pembelajaran yang Menyenangkan Siswa: Ular Tangga
21 Mar/2023

Media Evaluasi Pembelajaran yang Menyenangkan Siswa: Ular Tangga

Judul: Media Evaluasi Pembelajaran yang Menyenangkan Siswa: Ular Tangga

Penulis: Siti Romlah

Editor: Lilik Fatkhu Diniyah, Khoen Eka Anthy S.A.

Halaman: viii, 156 hlm, 14,8 x 21 cm

Cetakan: Pertama, Maret 2022

Penerbit: Pustaka Mediaguru

ISBN:

Harga:

 

SINOPSIS

 

Pernahkah kita merasakan suatu kondisi kelelahan emosional, mental, serta fisik karena stres yang berlebihan dan berkepanjangan? Burnout merupakan kondisi stres berat karena pekerjaan, dan ini dirasakan oleh siapapun baik orang dewasa maupun anak-anak, terutama pada usia sekolah dan bekerja. Kejenuhan yang dialami anak-anak dan orang dewasa tersebut merupakan kondisi yang wajar. Penyebab munculnya kejenuhan ketika bersekolah dan bekerja pada setiap orang sangatlah kompleks, bukan hanya dari tempat dimana ia bekerja dan bersekolah saja, melainkan bisa juga disebabkan karena ketidaksiapan mental seseorang dalam menghadapi perubahan.

Buku ini akan memandu Anda mencari solusi dari permasalahan tersebut. Termasuk menyiasati agar pembelajaran dan pekerjaan dapat dinikmati dengan rasa senang sehingga tidak menjadi beban baik pada guru maupun peserta didik.

Salah satu kegiatan yang dianggap menjenuhkan dan menjadi momok bagi siswa adalah evaluasi. Agar evaluasi menjadi menyenangkan, guru dapat menggunakan media berupa permainan ular tangga. Dengan media evaluasi ular tangga 2M, akan didapatkan sensasi belajar dan evaluasi yang menyenangkan bagi peserta didik, juga bagi guru sehingga filosofi pembelajaran dari Ki Hadjar Dewantara tentang belajar menyenangkan, belajar sambil bermain, berpihak pada anak, dan memiliki karakter Pelajar Pancasila, juga akan tercapai.

Dalam buku ini juga diulas tentang macam-macam media pembelajaran, peranan guru dalam pendidikan, serta makna dari sebuah evaluasi lengkap dan contoh media yang digunakan. Buku ini layak dimiliki oleh para guru yang ingin menciptakan suasana kelas penuh kegembiraan.

JELAJAH