Kembali ke Artikel
Pendidikan Karakter di Madrasah
22 Jan/2024

Pendidikan Karakter di Madrasah

Judul: Pendidikan Karakter di Madrasah

Penulis: Dr. H. Sofia Nur, M.Pd.

Hj. Lilik Fatkhu Diniyah, M.Pd.

Prof. Dr. Drs. H. Giyoto, M.Hum.

Editor: Eko Prasetyo

Halaman: viii, 150 hlm, 14,8 x 21 cm

Cetakan: Pertama, Januari 2024

Penerbit: Pustaka Mediaguru

ISBN:

Harga:

 

SINOPSIS

 

Karakter merupakan dasar dan fondasi pengembangan pengetahuan dan ketrampilan anak didik. Sebab, anak didik yang tidak berkarakter akan susah dididik dan dicerdaskan. Dengan kata lain, kecerdasan dan keterampilan anak didik akan berbahaya ketika tidak didasari dengan karakter yang baik.

Buku ini merupakan bagian dari usaha lembaga pendidikan dalam mengembangkan karakter peserta didik  dalam era digital di sekolah dan madrasah. Buku ini berisi dan membagi pembahasannya menjadi: konsep pendidikan karakter, manajemen pendidikan karakter, manajemen pendidikan karakter di madrasah, pengembangan kurikulum pendidikan karakter di madrasah, asesmen pendidikan karakter, faktor pendukung penerapan pendidikan karakter peserta didik di madrasah, nilai-nilai karakter peserta didik yang dikembangkan di madrasah, dan implikasi pendidikan karakter di madrasah.

Buku ini menyajikan konsep, jenis, aspek-aspek, dan proses pengembangan karakter yang disertakan beberapa contoh kegiatan pengembangan yang ada di sebagian madrasah dan sekolah. Contoh yang diambil tidak berarti bahwa itu yang paling sempurna dan baik, tetapi sebagai contoh untuk menginspirasi pembaca dalam melihat pernak-pernik pengambangan karakter. Buku ini sangat bermanfaat bagi pengelola lembaga pendidikan, guru, dosen, siswa, dan mahasiswa serta masyarakat lainnya.

JELAJAH