Kembali ke Artikel
Pengantar Pendidikan Inklusi bagi Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus
22 Aug/2023

Pengantar Pendidikan Inklusi bagi Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus

Judul: Pengantar Pendidikan Inklusi bagi Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus

Penulis: Septiyani Endang Yunitasari, Rachmasari Aulia, Mulyana Sukarnih Putri

Editor: Siti Mugi Rahayu

Halaman: vi, 196 hlm, 14,8 x 21 cm

Cetakan: Pertama, Agustus 2023

Penerbit: Pustaka Mediaguru

ISBN:

Harga:

 

SINOPSIS

 

Semua siswa  penyandang disabilitas memiliki kesempatan yang sama untuk dapat belajar di lingkungan pendidikan bersama siswa pada umumnya. Hal ini karena adanya sistem penyelenggraan pendidikan inklusif. Anak-anak berkebutuhan khusus mendapat manfaat besar dari layanan pendidikan inklusif dalam hal perkembangan aspek sosial, emosional, dan lainnya.

Pendidikan yang sesuai dan diperuntukkan bagi anak-anak berkebutuhan khusus memiliki ketentuan perundang-undangan yang ditetapkan oleh Pemerintah. Akibatnya, satuan pendidikan harus menerima siswa dengan kebutuhan luar biasa.

Buku ini adalah referensi penting bagi pendidik dan pihak terkait dalam memahami konsep pendidikan inklusif, yang membahas pengertian pendidikan inklusi, prinsip-prinsipnya, serta karakteristik yang melekat padanya. Buku ini juga menjelaskan pengertian dan berbagai jenis ABK, prevalensi, metode identifikasi, pola asuh, serta desain pembelajaran dalam pendidikan inklusif. Materi-materi ini disajikan dengan tujuan membentuk pemahaman dasar bagi pendidik sehingga buku ini sangat cocok dijadikan referensi sebagai dasar pemahaman bagi sekolah-sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif pada tingkat usia dini.

JELAJAH