Kembali ke Artikel
Strategi Penguatan Mekanik Soket Prostesis
01 Nov/2022

Strategi Penguatan Mekanik Soket Prostesis

Judul: Strategi Penguatan Mekanik Soket Prostesis

Penulis: Sakuri

Editor: Lilik Fatkhu Diniyah

Halaman: xviii, 254 hlm, 14,8 x 21 cm

Cetakan: Pertama, November 2022

Penerbit: Pustaka Mediaguru

ISBN:

Harga:

 

SINOPSIS

 

Soket prostesis adalah alat bantu yang berhubungan langsung dengan pasien sebagai pengganti anggota tubuh yang membutuhkan. Soket prostesis yang ada di Indonesia biasanya berbahan dari komposit epoxy fiberglass, thermoplastic polypropelen, dan alumunium untuk pengguna BPJS. Soket cek impor berbahan thermoplastic polyethelene teraphalate glycol (PETG) yang sering dikenal dengan sebutan vivak atau northplek, thermolin rigit, dan orfitranstriff. Soket prostesis permanen berbahan komposit serat karbon, fiberglass, nyglass, nylon, stockinette, dan lainnya. Kelemahan dari soket prostesis yang ada selain harga mahal, berat saat dipakai, dan tidak nyaman dikulit.

Buku ini menguraikan tentang komposisi terbaik antara microcrystalline cellulose (MCC) dan unsaturated polyester (UPRs), kekuatan tarik dan kekuatan geser antar muka pada serat cantula dengan perlakuan pengasapan dan alkali, kekuatan mekanik komposit serat cantula dan MCC, dan kekuatan mekanik soket prostesis menggunakan ISO 10328 dan analisis Finite element method.   

Melalui buku ini, Anda dapat memperkaya khazanah pengetahuan tentang proses pencetakan soket prostesis. Selamat membaca.

JELAJAH