Kembali ke Artikel
Tips Karakter Mandiri Buya Hamka
06 Sep/2023

Tips Karakter Mandiri Buya Hamka

Judul: Tips Karakter Mandiri Buya Hamka

Penulis: Wahyu Gusria

Editor: Khoen Eka Anthy S.A.

Halaman: vi, 74 hlm, 14,8 x 21 cm

Cetakan: Pertama, September 2023

Penerbit: Pustaka Mediaguru

ISBN:

Harga:

 

SINOPSIS

 

Generasi muda saat ini tengah menghadapi permasalahan yang serius.  Terjadi degradasi moral dan nilai-nilai agama, bahkan etika sosial yang menjadi pegangan para leluhur, tidak lagi dijalankan sebagaimana mestinya. Dampaknya, perilaku menyimpang di kalangan generasi muda, kian mengkhawatirkan. Ini benar-benar memprihatinkan.

Salah satu tatanan dan tataran kekerabatan masyarakat Minangkabau yaitu menghormati dan meneladani ninik mamak, alim ulama, dan cerdik pandai yang membina, membawa perubahan dan kebaikan bagi masyarakat. Salah seorang ninik mamak, alim ulama, dan cerdik pandai dari Minangkabau yang patut menjadi teladan dan panutan untuk generasi penerus, yaitu Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau lebih dikenal dengan julukan Buya Hamka. Buya Hamka adalah seorang ulama, sastrawan, sejarawan, dan juga politikus yang sangat terkenal, serta seorang pembelajar yang otodidak.

Buku ini membahas karakter dalam karya-karya Buya Hamka, yaitu karakter yang menjadi teladan di Minangkabau. Ulasan tentang nilai karakter individu mandiri dalam karya Buya Hamka bisa digunakan oleh pendidik untuk mencapai tujuan pendidikan yaitu menciptakan peserta didik yang mandiri dan berkarakter.

JELAJAH